Tips Agar Bisnis Online Anda Mudah Ditemukan Oleh Customer

3 min read

Tips Agar Bisnis Online Anda Mudah Ditemukan oleh Customer

Tips Agar Bisnis Online Anda Mudah Ditemukan Oleh Customer – Kedatangan toko online, tidak hanya mempermudah pelanggan sebab dapat membeli tanpa wajib berjumpa penjual, owner toko online juga dapat membuka bisnis dengan modal simpel. Yang butuh dikenal bersama, kalau membuka toko online juga butuh melaksanakan upaya optimasi supaya toko Kamu dikenal pelanggan.

Metode yang umumnya digunakan buat optimasi di dunia digital merupakan optimasi SEO( Search Engine Optimization). Sebagian waktu kemudian kita sudah membahas tentang optimasi SEO buat web. Hingga kali ini, di pembahasan berikut hendak dibahas tentang panduan optimasi SEO buat toko online.

Sebelum masuk pada pembahasan optimasi SEO buat toko online, terdapat baiknya Kamu mengenali jenis- jenis toko online yang dapat Kamu seleksi. Yang pertama merupakan lewat web. Di masa saat ini, mempunyai web bukan perihal baru. Apalagi banyak pebisnis membuat web buat usaha mereka.

Salah satunya web commerce, ialah web di mana Kamu dapat melaksanakan pembelian di situ. Misalnya semacam web kepunyaan Kalyana Indonesia, Adorable Projects, serta TFG. Berikutnya, toko online pula dapat memakai platform Instagram.

Umumnya penjual di Instagram mengunggah gambar produk serta membagikan deskripsi produknya di bagian caption beserta dengan format order serta kontaknya. Yang terakhir merupakan toko online di marketplace, semacam Tokopedia serta Shopee.

Telah menguasai platform toko online di atas? Ataupun telah mulai memastikan platform yang mau Kamu pakai? Langkah berikutnya merupakan mengenali panduan optimasi SEO buat toko online Kamu biar gampang ditemui oleh calon pelanggan potensial.

Tips Agar Bisnis Online Anda Mudah Ditemukan di Instagram

Tips Agar Bisnis Online Anda Mudah Ditemukan di Instagram

Media sosial yang sangat banyak digunakan saat ini, Instagram mengakomodir kebutuhan penggunanya dalam perihal bisnis. Triknya? Mereka memperkenalkan akun bisnis yang sudah dilengkapi fitur insight buat keperluan penilaian strategi pemasaran digital. Lalu, gimana supaya bisnis Kamu gampang ditemui orang di Instagram?

OPTIMASI USERNAME

Username Instagram merupakan hal terpenting yang perlu Anda perhatikan. Fungsinya sama seperti domain pada website. Sehingga perlu Anda pertimbangkan dengan baik sebelum membuat akun bisnis. Username ini juga bertindak sebagai kata kunci yang penting.

Coba untuk menambahkan informasi tentang ciri khas, industri, minat atau lokasi dalam username Instagram Anda. Salah satu yang bisa Anda lakukan adalah mencoba pikirkan apa yang akan orang ketik di pencarian Instagram jika mereka ingin mencari akun seperti akun Anda.

MASUKKAN KATA KUNCI DI NAMA INSTAGRAM BISNIS ANDA

Nama ini berbeda dengan username Instagram. Apabila Kamu memandang tulisan cetak tebal pada bagian bio Instagram bisnis. Buat optimasi SEO di bagian nama yakni dengan memasukkan kata kunci yang pas cocok bisnis Kamu.

Contohnya, apabila Kamu menjual jasa desain grafis di Instagram dengan username@graphicdesigncommunity. Hingga nama Instagram yang dapat Kamu pakai merupakan Graphic Designer. Sehingga nanti kala orang mencari dengan kata kunci graphic design hingga akun bisnis Kamu muncul salah satu rujukan hasil pencarian Instagram.

KATA KUNCI PADA TAGAR

Apabila di web Kamu melaksanakan optimasi lewat SEO title serta focus keyword, di Instagram Kamu dapat menempatkan kata kunci lewat tagar( hashtag). Kala Kamu memasukkan tagar di bagian caption, umumnya hendak terdapat sebagian opsi rujukan mulai dari opsi tagar sampai jumlah tagar tersebut digunakan dalam artikel.

Pada biasanya, rujukan tagar tersebut diurutkan dari jumlah paling banyak digunakan dalam sesuatu artikel. Yang butuh Kamu jalani merupakan memilah tagar dengan jumlah dalam artikel paling banyak. Tujuannya supaya konten yang Kamu unggah dapat viral serta dikenal banyak orang.

Dalam satu unggahan, tagar dapat Kamu pakai optimal sebanyak 30. Secara universal, pakai tagar yang mendeskripsikan tentang gambar yang diunggah, posisi, serta tagar yang biasa digunakan audiens potensial ataupun komunitas. Dengan begitu, konten yang Kamu unggah dapat timbul di timeline para pengikut akun bisnis Kamu.

Masukkan kata kunci di bagian caption

Caption merupakan deskripsi lengkap dari produk Anda. Maka dari itu, sediakan informasi yang lengkap dan sederhana agar followers Anda bisa memiliki gambaran jelas tentang produk yang Anda jual.

Misalnya dengan memasukkan nama produk, varian produk (ukuran, warna, motif), harga, dan cara memesan. Yang terpenting, masukkan kata kunci di bagian nama produk Anda agar dapat terbaca ketika dicari.

Manfaatkan ALT Text

ALT text tak hanya ada di website, namun juga di Instagram. Opsi ALT text ini muncul di bagian pojok kanan bawah foto yang Anda unggah. Banyak orang menyepelekan keberadaan ALT text ini, padahal sebenarnya ia memiliki fungsi yang sangat bermanfaat. Dengan mengisi ALT text tersebut, foto yang Anda unggah akan muncul di hasil pencarian Google!

Mulai interaksi di Instagram

Interaksi di Instagram bisa Anda mulai dengan memberikan like dan komentar terhadap postingan yang muncul di timeline Anda. Cara yang lain adalah dengan menandai (tag) dan mention akun resmi suatu brand yang sesuai dengan unggahan Anda.

Dengan begitu, kemungkinan akun bisnis Anda dilihat dan dikunjungi akan semakin besar. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan fitur pertanyaan dan polling di Instagram stories.

TIPS AGAR BISNIS ONLINE ANDA MUDAH DITEMUKAN DI MARKETPLACE

TIPS AGAR BISNIS ONLINE ANDA MUDAH DITEMUKAN DI MARKETPLACE
TIPS AGAR BISNIS ONLINE ANDA MUDAH DITEMUKAN DI MARKETPLACE

Bagaimana jika Anda memilih marketplace sebagai platform toko online? Optimasi SEO tetap bisa dilakukan kok. Berikut beberapa TIPS AGAR BISNIS ONLINE ANDA MUDAH DITEMUKAN DI MARKETPLACE

Tentukan Kata Kunci

Sama halnya dengan optimasi SEO pada biasanya, Kamu butuh memastikan kata kunci yang cocok dengan bisnis Kamu. Setelah itu Kamu dapat memasukkan kata kunci tersebut di bagian nama serta deskripsi produk.

Sebagian marketplace semacam Shopee serta Tokopedia mempunyai algoritma yang hamper sama dengan Instagram, ialah memakai tagar. Kamu dapat menggunakan tagar ini dengan memasukkan kata kunci selaku tagar.

BERIKAN FOTO PRODUK YANG MENARIK

Tips optimasi SEO selanjutnya adalah dengan memasang foto produk yang menarik. Di sebuah marketplace, tak jarang Anda menemukan foto produk yang sama antara toko satu dengan lainnya.

Pembeli pun bisa melakukan pencarian berdasarkan foto produk yang ada. Untuk itu, foto produk yang menarik perlu Anda pikirkan dengan serius. Berikan foto produk yang menggambarkan produknya dengan jelas.

KELOLA REPUTASI TOKO ANDA DI MARKETPLACE

Pada seluruh marketplace, reputasi toko ialah sesuatu fitur yang mempermudah pembeli bila mau mencari penjual terpercaya. Dengan melindungi tingkatan kecepatan merespon pesanan serta chat, kegiatan online

di marketplace( last seen) serta meminimalisir retur dan pembatalan pengiriman hingga Kamu telah dapat melindungi reputasi toko online Kamu di jenis baik.

Sebagian perihal di atas ialah panduan optimasi SEO di Instagram serta marketplace. Mudah- mudahan data tersebut dapat menolong memaksimalkan bisnis online Kamu. Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *